Jerawat batu

Kemunculan jerawat batu (kistik) yang penampilannya lebih besar, keras, merah menyala, dan terasa lebih sakit dibandingkan jenis lainnya tentu cukup mengganggu. Jerawat ini kerap ditutupi dengan riasan agar tidak terlalu kentara. Simak penyebab dan pengobatannya.


Jerawat batu atau dikenal dalam dunia medis sebagai jerawat kistik adalah salah satu jenis jerawat yang cukup parah. Kondisi ini terbentuk jauh di dalam kulit yang disebabkan penyumbatan akibat penumpukan sel kulit mati.
 
Jerawat kistik juga dapat muncul karena terperangkapnya bakteri di dalam pori-pori dan akhirnya menginfeksi kulit. Akibatnya, jerawat atau benjolan besar yang memerah dan berisi nanah pun terbentuk.
 
Beberapa orang dengan kondisi ini merasakan sakit ketika jerawat tidak sengaja tersentuh. Namun, tidak sedikit pula yang mengakui tidak mengalami nyeri saat menekan jerawatnya.
 
Jika kondisi ini tidak segera ditangani, peradangan di lapisan kulit terdalam dapat menyebar yang menyebabkan pori-pori pecah. Alhasil, peradangan menyebar ke jaringan kulit sekitarnya. Peradangan yang terlanjur menyebar luas dapat memicu kemunculan jerawat batu yang baru.  hellosehat.com

Previous Post Next Post
//]]>